5 Cara Pemberian Merek
Suatu Produk Baru Ala Michael Goodman
Menurut pakar strategi pemasaran
Michael Goodman, ada 5 cara pemberian merek suatu produk atau perusahaan yang
perlu kita pelajari terlebih dahulu sebelum membuat produk baru ke pasaran
luas. Apa saja ke 5 cara tersebut. Yuuk, mari belajar dari ahlinya sebagai
berikut:
1. Memberi
nama dengan menggunakan nama orang, binatang, tempat atau symbol.
Contohnya adalah
Johnson & Johnson, Procter & Gamble, Scientific Atlanta, Ford, Heinz,
Disneyland, Bakpia Pathok, Teh Botol Sosro.
2. Secara
jelas menyebutkan nama kegiatan bisnis yang dijual atau jasa yang diberikan.
Contohnya
American Airlines, General Motor, Metropolitan Life, General Electric,
Universal Studio.
3. Menggunakan
nama dengan kesamaan kata atau singkatan.
Contohnya IBM,
FedEx, Nabisco, ESPN, 3M, AAA, HP, AT&T.
4. Menggunakan
nama yang aneh atau tidak memiliki makna yang jelas atau menggunakan nama yang
tidak berkaitan sama sekali, tetapi kedengarannya menarik.
Contohnya
Google, Yahoo, Exxon, Xerox.
5. Menggunakan
nama dengan menyebutkan manfaat.
Contohnya Spic’n
Span (pembersih rumah tanggah), Head & Shoulder (sampoo), Nice’n’Easy
(pewarna rambut).
Dengan adanya berbagai banyak
pilihan, mana yang terbaik? Tentu yang lebih baik adalah dengan menggunakan nama
dikaitakan dengan benefit, sehingga customer langsung dapat mengetahui manfaat
apa yang dirasakan setelah menggunakan produk/jasa tersebut.
Selain itu dengan menggunakan
nama yang langsung terlihat manfaatnya, dapat menarik target market, karena
nama produk tersebut dapat mengkomunikasikan posisioningnya secara jelas. Namun
demikian, kita harus hati – hati, sebab pemberian suatu nama dapat saja
pengaruhnya tidak langsung terlihat dan membutuhkan usaha yang lebih keras agar
tingkat awarenessnya dapat meningkat.
Semoga bermanfaat Guys untuk usahanya. -Pengusaha muslim-
No comments:
Post a Comment